HISTORY

Dibentuk pada 1 Oktober 2012, HIKKMI merupakan perkumpulan badan usaha yang fokus di sektor kontraktor ketenagalistrikan dan mekanikal Indonesia. Sejak berdiri, kini jumlah anggota HIKKMI sudah mencapai lebih dari 100 perusahaan. HIKKMI menjadi organiasi yang mewadahi pelaku usaha jasa konstruksi bidang ketenagalistrikan dan mekanikal. Tidak hanya memberikan solusi terhadap permasalahan ketenagalistrikan di Tanah Air, HIKKMI juga menjadi wadah yang dapat menghimpun aspirasi para pelaku usaha. HIKKMI terus mendorong anggotanya untuk menjadi pelaku usaha yang profesional, kredibel, dan berkualitas serta berdaya saing tinggi.


Berbagai regulasi yang terbit telah membawa dampak kepada iklim usaha, sehingga diperlukan pemikiran, antisipasi dan masukan kepada pemerintah agar pelaku usaha dapat berkonsentrasi terhadap bidang usahanya dan mampu mengembangkan diri sehingga menjadi pelaku usaha jasa konstruksi yang andal, profesional, kompeten dan berdaya saing. 

FOTO di History

Suasana Deklarasi, konvensi, dan MUNAS I HIKKMI dihadiri Ir. Jarman (Dirjen Ketenagalistrikan), Fauzi Yusuf, Yusuf Mirand, Nur Pamudji (Dirut PLN), Adang Surachman, Soeharsojo (Ketua Umum Gapensi), Agus Sofiyandi, dan T. Achdiat (Pengurus LPJKN). Searah jarum jam.

Berdasarkan pemikiran tersebut maka diperlukan wadah untuk saling berkomunikasi antar-anggota, yang mampu membina anggotanya, mampu mengembangan diri sebagai organisasi yang dibutuhkan oleh anggota, mampu menjadi komunikator yang baik antarlembaga dan masyarakat ketenagalistrikan, menjadi fasilitator anggota, menjadi mitra yang baik dengan berbagai unsur pemangku kepentingan terkit ketenagalistrikan, mendukung terselenggaranya jasa konstruksi sesuai regulasi yang ada dan mendukung terwujudnya sistem ketenagalistrikan yang andal, aman dan akrab lingkungan.


Atas prakarsa beberapa pimpinan badan usaha bidang ketenagalistrikan dan mekanikal non kecil serta pabrikan dan keagenan, maka pada tanggal 1 oktober 2012 di The Dharmawangsa Hotel, Jakarta bersepakat untuk membentuk organisasi badan usaha melalui deklarasi, konvensi, dan munas I Himpunan Kontraktor Ketenagalistrikan Dan Mekanikal Indonesi (HIKKMI).